logo pesantren terbaru pisan

Tips Menjaga Pandangan Dari Hal-Hal Negatif

“Memperkuat Iman, Menjauhi Dosa”

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

26 Maret 2024

Pandangan adalah salah satu pintu masuk bagi pengaruh yang masuk ke dalam hati dan pikiran kita. Oleh karena itu, menjaga pandangan dari hal-hal negatif sangat penting dalam Islam. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menjaga pandangan:

  1. Kuatkan Iman dan Kesadaran tentang Allah

Iman yang kuat akan membantu seseorang untuk menjaga pandangannya dari hal-hal yang negatif. Dengan menyadari bahwa Allah selalu melihat dan mengetahui segala sesuatu yang kita lakukan, akan membantu untuk menjauhkan diri dari dosa.

  1. Hindari Lingkungan yang Membawa Pengaruh Negatif

Lingkungan berperan penting dalam membentuk pandangan dan perilaku seseorang. Hindarilah lingkungan yang tidak mendukung dan cenderung membawa pengaruh negatif dalam menjaga pandangan.

  1. Batasi Penggunaan Media Sosial dan Konten yang Tidak Bermanfaat

Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat membawa pengaruh negatif pada pandangan dan pikiran seseorang. Batasi waktu dan konten yang tidak bermanfaat agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif.

  1. Berlindung dengan Doa

Mintalah perlindungan kepada Allah dari godaan dan pengaruh hal-hal negatif dengan berdoa. Doa adalah senjata yang ampuh dalam menjaga diri dari segala macam keburukan.

  1. Fokus pada Hal-hal yang Positif dan Bermanfaat

Fokuskan pikiran dan pandangan pada hal-hal yang positif dan bermanfaat. Hal ini akan membantu menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif dan memperkuat iman.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan setiap muslimah dapat menjaga pandangannya dari hal-hal yang negatif, sehingga dapat memperoleh kebaikan dan mendapatkan keridhaan Allah SWT.

والله أعلمُ بالـصـواب

cropped-logo-pesantren-terbaru-pisan.png

Pondok Pesantren Baiturrahman

Pesantren Unggulan di Bandung

Alamat :

Jl. Rancakole Kp. Bojong Kecamatan Ciparay
Kabupaten Bandung
Provinsi Jawa Barat
(022) 8596 6415

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top