logo pesantren terbaru pisan

Tetap Semangat Beraktivitas Meski Sedang Shaum

“Memperoleh Berkah dalam Kehidupan Sehari-hari”

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

14 Maret 2024

Shaum atau puasa merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan Allah SWT kepada umat Islam selama bulan Ramadhan. Meskipun dalam keadaan berpuasa, seorang muslim diharapkan tetap semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dalam Islam, shaum bukanlah hambatan untuk beraktivitas, tetapi justru merupakan kesempatan untuk memperoleh lebih banyak berkah dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita telusuri lebih dalam tentang bagaimana tetap semangat beraktivitas meskipun sedang shaum.

  1. Niat yang Kuat dan Kehadiran Hati

Kunci utama untuk tetap semangat beraktivitas meskipun sedang shaum adalah memiliki niat yang kuat dan kehadiran hati yang penuh kesadaran dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Dengan meneguhkan niat untuk berpuasa dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan penuh kesadaran, setiap tindakan yang dilakukan akan menjadi ibadah yang diterima di sisi Allah SWT.

  1. Penuh Berkah dalam Setiap Langkah

Seorang muslim yang sedang berpuasa seharusnya menyadari bahwa setiap langkah yang diambil dalam kehidupan sehari-hari memiliki potensi untuk mendatangkan berkah. Dengan menjalankan aktivitas dengan penuh kesadaran dan ketulusan, setiap pekerjaan yang dilakukan akan menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh berkah-Nya.

  1. Mengatur Waktu dan Energi dengan Bijak

Meskipun dalam keadaan berpuasa, seorang muslim diharapkan untuk tetap produktif dan efisien dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat dicapai dengan mengatur waktu dan energi dengan bijak, sehingga aktivitas yang dilakukan dapat berjalan lancar tanpa mengorbankan kualitas dan kuantitas ibadah yang dilakukan.

  1. Menyadari Kelebihan dan Keterbatasan Diri

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, penting untuk menyadari kelebihan dan keterbatasan diri serta mengatur aktivitas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan mengenali batas-batas diri dan mengutamakan kesehatan fisik dan mental, seorang muslim dapat tetap semangat beraktivitas meskipun sedang dalam keadaan berpuasa.

  1. Mengambil Istirahat dan Merenungkan Kebesaran Allah SWT

Selama bulan Ramadhan, seorang muslim diharapkan untuk mengambil istirahat sesuai kebutuhan dan merenungkan kebesaran Allah SWT dalam setiap kesempatan yang ada. Dengan mengambil waktu untuk beristirahat dan merenungkan kebesaran-Nya, seorang muslim dapat memperoleh kekuatan dan semangat baru untuk tetap beraktivitas dengan penuh semangat dan keberkahan.

Dengan memiliki niat yang kuat dan kehadiran hati yang penuh kesadaran, menyadari penuh berkah dalam setiap langkah, mengatur waktu dan energi dengan bijak, menyadari kelebihan dan keterbatasan diri, serta mengambil istirahat dan merenungkan kebesaran Allah SWT, seorang muslim dapat tetap semangat beraktivitas meskipun sedang shaum.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top