logo pesantren terbaru pisan

Shaum Menjadi Kunci Kesehatan Mental Dan Emosional

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

12 Maret 2024

Shaum bukan hanya tentang menahan lapar dan haus selama sepanjang hari, tetapi juga tentang membersihkan hati dan menjaga kesehatan mental serta emosional. Dalam kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan seperti saat ini, Shaum dapat menjadi waktu yang tepat untuk merenung, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan menyegarkan kembali pikiran serta perasaan kita. Mari kita eksplorasi lebih dalam tentang keutamaan dan manfaat berShaum bagi kesehatan mental dan emosional.

  1. Menenangkan Pikiran dan Jiwa

BerShaum memberikan kesempatan bagi pikiran dan jiwa untuk tenang dan merenung. Dengan mengurangi distraksi dari makanan dan minuman, kita dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidup, seperti beribadah, memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, dan merenungkan makna kehidupan.

  1. Meningkatkan Kesabaran dan Keteguhan Mental

Menahan diri dari makanan dan minuman selama Shaum mengajarkan kita kesabaran dan keteguhan mental. Ini membantu kita mengatasi rasa lapar dan haus, serta menghadapi tantangan dan cobaan lainnya dalam kehidupan dengan lebih tabah dan tenang.

  1. Memperkuat Keterhubungan Spiritual

Shaum juga memperkuat keterhubungan spiritual kita dengan Allah SWT. Dengan merasa lapar dan haus, kita menjadi lebih sadar akan ketergantungan kita kepada-Nya dan memperkuat rasa syukur atas nikmat-nikmat yang diberikan-Nya kepada kita setiap hari.

  1. Menjernihkan Pikiran dan Menyeimbangkan Emosi

Dengan menjauhi makanan dan minuman yang mungkin mempengaruhi mood dan emosi kita, Shaum dapat membantu menjernihkan pikiran dan menyeimbangkan emosi. Ini membuat kita lebih mampu mengendalikan perasaan negatif seperti marah, cemas, atau stress, serta lebih mampu menghargai kebahagiaan dan kedamaian.

  1. Mendorong Peningkatan Kualitas Hidup

BerShaum secara teratur dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan emosional kita secara keseluruhan. Dengan menjaga keseimbangan antara fisik, mental, dan spiritual, kita dapat merasakan peningkatan kualitas hidup dan kebahagiaan yang lebih berkelanjutan.

BerShaum bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang memperkuat kesehatan mental dan emosional kita. Dengan menjernihkan pikiran, menyeimbangkan emosi, dan meningkatkan keterhubungan spiritual, Shaum dapat menjadi kunci untuk meraih kesehatan dan kebahagiaan yang sejati dalam hidup kita.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top