logo pesantren terbaru pisan

Sabar Dan Shalat Sebagai Penolong

“Menghadapi Ujian Hidup dengan Ikhlas”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

21 Maret 2024

Sabar merupakan salah satu karakter yang sangat ditekankan dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya: “Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sesungguhnya (salat) itu benar-benar berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (QS. Al-Baqarah: 45)

Dalam hadits, Rasulullah SAW juga mengajarkan pentingnya sabar dalam menghadapi ujian hidup. Beliau bersabda:

Seorang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang memiliki akhlak yang baik, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya.” (HR. Tirmidzi)

Dari dua dalil di atas, kita dapat memahami bahwa sabar dan shalat adalah dua hal yang saling berkaitan dan saling melengkapi dalam menghadapi ujian hidup. Sabar membantu kita untuk tetap tenang dan tabah dalam menghadapi cobaan, sedangkan shalat merupakan sarana untuk memperoleh kekuatan dan ketenangan batin dari Allah SWT.

Dalam menghadapi ujian hidup, kita perlu menjaga kualitas shalat kita agar benar-benar dapat menjadi penolong bagi kita. Shalat yang khusyuk dan ikhlas akan membawa ketenangan dan kekuatan dalam menghadapi segala ujian dan cobaan.

Dengan menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong dalam menghadapi ujian hidup, kita akan mendapatkan kekuatan dan ketenangan batin yang akan membawa kita pada keberhasilan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Semoga kita semua dapat mengamalkan ajaran Islam dengan baik dalam kehidupan sehari-hari kita. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top