logo pesantren terbaru pisan

Ramadhan Tiba, Siapkah Kita?

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

07 Maret 2024

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi umat Islam. Bulan ini menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menyambut Ramadhan dengan penuh antusiasme dan kesediaan hati adalah langkah awal yang penting untuk memanfaatkan bulan yang penuh keberkahan ini dengan sebaik-baiknya.

  1. Antusiasme dalam Menyambut Ramadhan

Antusiasme adalah kunci untuk memulai Ramadhan dengan semangat yang tinggi. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan amalan yang buruk, Allah tidak memerlukan dia meninggalkan makanan dan minumannya.” (HR. Bukhari). Dengan antusiasme yang tinggi, kita dapat melawan godaan dan tantangan selama bulan puasa.

  1. Persiapan Fisik dan Mental

Menyambut Ramadhan juga memerlukan persiapan fisik dan mental. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap amal perbuatan itu ada tempoh keghairahan, dan setiap tempoh keghairahan itu ada pula tempohnya. Dan sesungguhnya bulan Allah yang penuh berkah dan rahmat itu telah hampir tiba, bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan; sesiapa yang terhalang mendapat kebaikan daripada bulan itu, maka sesungguhnya dia telah terhalang daripada kebaikan yang banyak sekali.” (HR. An-Nasa’i).

  1. Dalil dari Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S. Al-Baqarah: 183). Ayat ini menunjukkan bahwa tujuan utama puasa Ramadhan adalah agar kita dapat mencapai taqwa, kesadaran dan ketaatan kepada Allah SWT.

  1. Meningkatkan Ibadah dan Ketaatan

Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa puasa Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dengan penuh antusiasme dan kesediaan hati, kita dapat memperbanyak amalan-amalan ibadah seperti shalat, sedekah, dzikir, dan membaca Al-Qur’an.

  1. Kesimpulan

Menyambut Ramadhan dengan penuh antusiasme dan kesediaan hati adalah langkah awal yang penting dalam memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini. Dengan mempersiapkan diri secara fisik dan mental, serta meningkatkan ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT, kita dapat menjalani Ramadhan dengan penuh keberkahan dan mendapatkan berbagai keutamaan yang Allah janjikan bagi orang-orang yang beriman. Semoga Ramadhan kali ini menjadi momentum yang membawa kita semakin dekat kepada-Nya. Aamiin.

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top