logo pesantren terbaru pisan

Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran

Oleh : Ustzh. Rosi Idiasari, M.Si.

27 Oktober 2023

Teknologi digital dalam pendidikan tidak hanya tentang kontribusi fisik teknologi sebagai alat bantu pembelajaran (learning tools) melainkan konsep multidimensional. Teknologi Pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi belajar serta meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Teknologi diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan akses, kualitas, dan keadilan sosial di bidang pendidikan.

Teknologi digital dapat digunakan untuk mengubah perilaku manusia, termasuk perilaku murid dan pendidik, dan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, merekam, memproses, dan mendistribusikan ulang bahan ajar yang diperlukan. Ketika bahan ajar dipadukan dengan teknologi digital, proses pembelajaran dapat dibuat lebih menarik dan memotivasi. Hal ini dikarenakan kombinasi bahan ajar dapat lebih artistik dan menarik karena menggabungkan gambar, audio, video, dan animasi, yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku belajar dan membantu anak belajar lebih efektif.

Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah mengubah cara kita belajar dan mengajar. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, teknologi telah menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Keuntungan penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran antara lain :

  1. Memperluas Akses Informasi

Teknologi memberikan akses yang lebih luas ke sumber daya pendidikan, buku teks digital, situs web, dan sumber belajar online. Ini memungkinkan murid dan guru untuk mengakses informasi terbaru dan beragam dari berbagai sumber, memperkaya pengalaman pembelajaran. Memperluas pengetahuan dan referensi murid merupakan salah satu fokus utama dari pembelajaran digital. Dengan cara ini murid akan dapat belajar banyak hal dari berbagai macam jenis literasi di seluruh dunia.

  1. Kemandirian Belajar

Penggunaan  teknologi digital dalam pembelajaran melatih murid untuk  mandiri belajar yang tinggi. Murid mencari penyelesaian dari penugasan yang diberikan oleh guru secara mandiri. Dalam pembelajaran digital, murid dituntut untuk mencari, mengolah, dan menulis kembali informasi yang mereka dapat dari sumber yang tidak terbatas secara mandiri dibawah bimbingan guru.

  1. Pembelajaran yang Disesuaikan

Teknologi dapat digunakan untuk membuat pengalaman pembelajaran yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan individu. Sistem pembelajaran cerdas dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan murid, sehingga materi pembelajaran dapat disesuaikan untuk membantu murid meraih pemahaman yang lebih baik.

  1. Penyelesaian Masalah

Pembelajaran digital  tidak hanya melatih murid untuk memahami isi materi di kelas, tetapi juga menerapkan teori yang telah dipelajari dalam penyelesaian masalah dari penugasan. Bisa dalam bentuk pertanyaan, pengujian, ataupun riset. Dengan metode ini, kemampuan kognitif murid diharapkan terasah dengan baik dan siap untuk menghadapi masalah-masalah di kehidupan nyata.

  1. Pembelajaran Berbasis Kolaborasi

Penggunaan teknologi memungkinkan kolaborasi yang lebih mudah antara murid dan guru, bahkan jika mereka berada jauh satu sama lain. Alat-alat seperti platform e-learning, forum diskusi online, dan aplikasi kolaborasi memfasilitasi diskusi dan praktik serta berbagi berbagi ide antar murid.

  1. Pembelajara Interaktif

Aplikasi, permainan edukasi, dan simulasi memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Ini membantu murid untuk lebih terlibat dalam materi pembelajaran dan memahaminya dengan lebih baik.

Penerapan teknologi digital dalam pembelajaran  memerlukan perjuangan keras para guru. Salah satu tantangan penggunaan teknologi dalam pembelajaran adalah guru perlu mengembangkan keterampilan teknologi digital yang cukup untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran yang efektif. Pelatihan yang memadai dan dukungan dari pihak terkait sangatlah penting. Selain iti, agar pembelajaran menggunakan teknologi digital mencapai target yang guru perlu menyiapkan pengkondisian khusus yang mengefektikan pembelajaran murid.

Seluruh elemen pendidikan diharapkan untuk bersiap dan mulai berinvestasi, baik dalam hal infrastruktur maupun kemampuan. Dengan manajemen yang bijaksana, teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan murid untuk menghadapi dunia yang semakin digital.

https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/. Diakses 25 September 2023.

Lukman Hakim, S.Sos, MM. Manfaat Tekhnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.https://ppg.kemdikbud.go.id/news/manfaat-tekhnologi-digital-terhadap-motivasi-belajar-peserta-didik. Diakses 25 September 2023.

https://pintek.id/blog/pembelajaran-digital/. Diakses 25 September 2023

©2023. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top