logo pesantren terbaru pisan

Momentum Ramadhan Di Zaman Rasulullah Saw

“Pertama kali Al-Qur’an turun”

Oleh : Annisa Salsabila (Santri kelas 8 akhwat)

07 Maret 2024

Tak lama lagi, bulan Ramadhan akan kembali menemui kita yang sekian lama sangat merindukannya. Di mana kita akan kembali merasakan rahmat yang melimpah, berkahnya sahur dan manisnya berbuka, juga melaksanakan shalat yang hanya datang setahun sekali yaitu Shalat Tarawih. Tapi tahukah kamu, di bulan Ramadhan yang suci ini ada beberapa momentum penting dalam sejarah Nabi Muhammad ﷺ ?  Yang akan diulas pertama kali adalah turunnya al-Quran untuk pertama kalinya.

Turunnya ayat pertama terjadi tepat ketika Muhammad ﷺ berusia 40 tahun. Saat itu, Rasulullah ﷺ melihat kondisi kota Mekkah yang tengah berada dalam kondisi jahiliyah. Beliau ﷺ berpikir untuk memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di Mekkah. Karena hal-hal itu mengganggunya setiap hari, Beliau memilih untuk berkhalwat di sebuah gua yang terletak di Jabal Nur yaitu Gua Hira. Sebelum pergi, Beliau sudah membawa perbekalan yang disiapkan oleh istrinya, Bunda Khadijah. Jika perbekalan habis maka beliau akan kembali ke rumahnya,  mengambil lagi perbekalan, kemudian melanjutkan berkhalwat.

Di Gua Hira, Muhammad ﷺ berpikir apakah ada cara untuk mengubah masyarakat jahiliyah dari kesesatan ini dan mengetahui Tuhan yang satu, yang menciptakan langit dan seisinya, yang telah membuat jantung berdetak. Bolak-balik Muhammad ﷺ pergi ke Gua Hira untuk mencari tahu solusi masalahnya ini.

Hingga di suatu malam ketika Beliau sedang berada di Gua Hira, beliau melihat sesosok dengan tubuh besar dan bercahaya sangat terang masuk ke dalam Gua Hira. Muhammad ﷺ sangat ketakutan. Sosok itu kemudian memeluknya, setelah itu melepaskan pelukannya lalu mengatakan “Iqra”, Muhammad ﷺ menjawab “Apa yang harus aku baca?” Sosok itu kemudian memeluk Muhammad ﷺ kembali dengan sangat kencang hingga membuatnya sulit bernapas, dan melepaskannya kemudian mengatakan “Iqra”, Muhammad ﷺ menjawab dengan jawaban yang sama dan sosok itu memeluknya lagi dengan sangat kencang dan mengatakan “Iqra”, Muhammad ﷺ pun menjawab dengan jawaban yang sama pula. Kemudian sosok itu pun membacakan Qur’an Surat Al-‘Alaq ayat pertama sampai kelima. Sosok yang muncul itu adalah Malaikat Jibril, yang menurunkan wahyu pertama tersebut.

Konon momentum ini terjadi tanggal 17 Ramadhan, walau para ahli sejarah masih memperdebatkan hal ini, nemun mereka sepakat bahwa momentum tersebut biasa disebut malam Nuzulul Quran. Malam ketika al-Quran pertama kali diturunkan dari langit dunia kepada Nabi kita yang mulia, shalallahu ‘alaihi wasallam.

Inilah salah satu peristiwa yang sangat terkenal di bulan Ramadhan, masih banyak peristiwa yang sangat terkenal di bulan suci ini. Ayo, kita sambut bulan Ramadhan dengan suka cita!

Sya’ban, 20, 1445 H/ 1 Maret 2024 M

Nizvii @annizza_s

Editor: @adenihermawan

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top