logo pesantren terbaru pisan

Menyambut Ramadhan Dengan Suasana Gembira Di Rumah

“Memperkuat Kedekatan Keluarga dan Kebahagiaan Bersama”

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

07 Maret 2024

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keberkahan, di mana umat Islam di seluruh dunia merayakan dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan. Menyambut Ramadhan dengan membangun suasana gembira di rumah adalah langkah awal untuk merasakan kebahagiaan dan kedekatan keluarga yang lebih mendalam. Mari kita telusuri lebih dalam tentang bagaimana kita dapat menyambut Ramadhan dengan membangun suasana gembira di rumah.

  1. Membangun Kebersamaan Keluarga

Salah satu cara untuk menyambut Ramadhan dengan suasana gembira adalah dengan membangun kebersamaan keluarga. Melakukan kegiatan bersama seperti berbuka puasa, berdoa bersama, atau membaca Al-Qur’an bersama dapat meningkatkan keintiman keluarga dan menciptakan atmosfer kebersamaan yang hangat.

  1. Meningkatkan Ibadah dan Ketaatan

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT. Dengan membangun suasana gembira di rumah, kita dapat saling mendukung dan mendorong satu sama lain dalam menjalankan ibadah dengan lebih tekun dan khusyuk.

  1. Menyediakan Lingkungan yang Mendukung

Menyediakan lingkungan yang mendukung di rumah juga merupakan bagian dari menyambut Ramadhan dengan suasana gembira. Menyediakan tempat yang tenang untuk beribadah, memperbanyak bacaan Al-Qur’an dan buku Islami, serta menjaga kebersihan dan kerapihan rumah dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk ibadah.

  1. Mengajarkan Nilai-nilai Ramadan kepada Anak-anak

Sebagai orangtua, menyambut Ramadhan dengan suasana gembira juga berarti mengajarkan nilai-nilai Ramadhan kepada anak-anak. Mengajarkan tentang puasa, sedekah, dan kebaikan kepada sesama dapat membantu mereka memahami makna sebenarnya dari Ramadhan dan merasakan kebahagiaan yang sama.

  1. Mengutamakan Keikhlasan dan Ketulusan

Yang tak kalah pentingnya adalah mengutamakan keikhlasan dan ketulusan dalam menyambut Ramadhan. Memperkuat niat baik, menghapus rasa iri dan dengki, serta selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT akan menciptakan suasana yang penuh berkah dan keberkahan di rumah.

Menyambut Ramadhan dengan membangun suasana gembira di rumah adalah langkah awal untuk merasakan kebahagiaan dan kedekatan keluarga yang lebih mendalam. Dengan membiasakan diri untuk selalu berbuat baik dan beribadah dengan ikhlas, kita dapat meraih keberkahan dan kebahagiaan sejati di bulan yang penuh berkah ini.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top