logo pesantren terbaru pisan

Menjaga Lingkungan Ramadhan Yang Sejuk Dan Berkah

“Tuntutan Spiritual di Bulan Penuh Ampunan”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

18 Maret 2024

Ramadhan, bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu umat Islam, bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, tetapi juga tentang menjaga lingkungan sekitar agar tetap sejuk dan penuh berkah. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 12)

Dalam hadits, Rasulullah SAW juga mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Beliau bersabda:

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ نَمَّامٌ

Artinya: “Tidak dapat masuk surga seorang yang suka mengadu domba.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari dua dalil di atas, kita dapat memahami bahwa menjaga lingkungan Ramadhan yang sejuk dan berkarakter adalah bagian dari tuntutan spiritual dalam ibadah puasa. Untuk menciptakan lingkungan yang sejuk dan berkarakter di bulan suci ini, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Menjaga Kebersihan: Menjaga kebersihan lingkungan, baik itu rumah, Masjid, atau tempat-tempat umum lainnya, adalah tuntutan agama yang harus dipenuhi. Kita harus selalu membersihkan dan merapikan lingkungan sekitar agar tetap nyaman dan berkah.
  2. Menghindari Ghibah dan Fitnah: Menghindari perbuatan ghibah (menggunjing) dan fitnah (fitnah) adalah salah satu cara untuk menjaga lingkungan Ramadhan yang sejuk dan berkah. Kita harus selalu berhati-hati dengan perkataan dan tindakan kita agar tidak menyebabkan ketegangan atau konflik.
  3. Menjaga Kualitas Ibadah: Menjaga kualitas ibadah, seperti shalat, tilawah Al-Qur’an, dan berdzikir, adalah cara lain untuk menjaga lingkungan Ramadhan yang sejuk dan berkah. Kita harus selalu memperhatikan kualitas ibadah kita agar mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah SWT.

Dengan menjaga lingkungan Ramadhan yang sejuk dan berkarakter, kita dapat merasakan keberkahan dan kenyamanan dalam menjalani ibadah puasa. Semoga kita semua dapat menjaga lingkungan Ramadhan dengan baik dan mendapatkan berkah serta ampunan dari Allah SWT. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top