logo pesantren terbaru pisan

Menjaga Kualitas Ibadah Di Tengah Kesibukan Ramadhan

“Kunci Meraih Ketenangan Batin”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

12 Maret 2024

Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan, telah tiba kembali. Bagi umat Islam, Ramadhan adalah momentum penting untuk memperbaiki diri, mendekatkan diri kepada Allah, dan meningkatkan kualitas ibadah. Namun, di tengah kesibukan dan dinamika kehidupan modern, menjaga kualitas ibadah menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana kita bisa tetap khusyuk dan bermakna dalam beribadah di tengah segala kesibukan?

Pertama-tama, kita perlu mengatur waktu dengan bijaksana. Memiliki jadwal ibadah yang teratur dan terukur akan membantu kita untuk tetap fokus dan konsisten dalam menjalankan ibadah. Mulailah hari dengan shalat tahajjud atau dzikir pagi untuk memulai hari dengan penuh keberkahan.

Kedua, manfaatkan teknologi dengan bijaksana. Meskipun teknologi dapat menjadi distraksi, namun jika digunakan dengan tepat, teknologi juga dapat menjadi alat yang mempermudah ibadah kita. Gunakan aplikasi islami yang menyediakan jadwal shalat, panduan ibadah, dan tafsir Al-Qur’an untuk memperdalam ibadah kita.

Ketiga, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas ibadah kita. Banyak orang yang terjebak dalam rutinitas ibadah yang monoton dan kurang berarti. Kita perlu memastikan bahwa setiap ibadah yang kita lakukan dilakukan dengan penuh khusyuk, tawadhu’, dan ikhlas.

Keempat, tetaplah berpegang teguh pada nilai-nilai moral dan etika dalam menjalankan ibadah. Jangan biarkan kesibukan dunia membuat kita lupa akan nilai-nilai kebaikan, kasih sayang, dan kedermawanan yang diajarkan dalam agama kita.

Dengan menjaga kualitas ibadah di tengah kesibukan Ramadhan, kita akan merasakan keberkahan dan kedamaian batin yang luar biasa. Mari kita manfaatkan bulan suci ini sebaik mungkin untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga Allah memberikan kita kekuatan dan petunjuk untuk tetap istiqamah dalam menjalankan ibadah-Nya. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top