logo pesantren terbaru pisan

Meningkatkan Kualitas Tidur Dan Istirahat Di Bulan Ramadhan

“Menjaga Kesehatan Tubuh dan Rohani”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

14 Maret 2024

***

وَّجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًاۙ

“Kami menjadikan tidurmu untuk beristirahat”

***

Ramadhan, bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu umat Islam, seringkali diwarnai dengan perubahan pola tidur dan istirahat yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan ruhani. Namun, dengan pemahaman yang tepat dan sikap yang bijaksana, kita dapat meningkatkan kualitas tidur dan istirahat kita selama bulan suci ini.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

وَّجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًاۙ

Artinya: “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS. An-Naba: 9)

Dalam hadits, Rasulullah SAW juga mengajarkan pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas. Beliau bersabda:

> “Sesungguhnya tubuh itu hak bagimu, maka berilah hak itu kepada tubuhmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari dua dalil di atas, kita dapat memahami bahwa tidur yang cukup dan berkualitas adalah bagian dari rahmat Allah yang harus kita syukuri dan jaga dengan baik. Untuk meningkatkan kualitas tidur dan istirahat di Bulan Ramadhan, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Menjaga Pola Tidur yang Teratur: Berusaha untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan pola makan dan ibadah selama Ramadhan.
  2. Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman: Menjaga kamar tidur yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
  3. Mengatur Pola Makan dan Minum yang Sehat: Hindari makanan berat dan minuman berkafein saat sahur agar tubuh lebih mudah beristirahat saat tidur.
  4. Beristirahat Sebentar Setelah Berbuka: Memberikan waktu istirahat singkat setelah berbuka dapat membantu mengembalikan energi tubuh sebelum melanjutkan ibadah malam.

Dengan menjaga kualitas tidur dan istirahat di Bulan Ramadhan, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan rohani kita, sehingga dapat menjalani ibadah dengan lebih baik dan maksimal. Semoga kita semua dapat meraih manfaat yang besar dari bulan suci ini.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top