logo pesantren terbaru pisan

Meningkatkan Kinerja Melalui Silaturahim

Oleh : Ustzh. Rosi Idiasari, M.Si.

12 Oktober 2023

Silaturahim berasal dari kata silatun dan ar-rahim, silatun artinya hubungan dan ar-rahim artinya kasih sayang atau kekeluargaan. Membangun silaturahmi dengan sesama juga merupakan salah satu cara kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ada makna yang lebih luas dan mendalam dari kata silaturahim. Seperti tercermin dalam firman Allah dalam al-Quran surat An-Nisa, “Dan bertaqwalah kepada Allah yang telah mempergunakan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan peliharalah hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. Dari ayat tersebut terlihat bahwa silaturahim merupakan upaya yang sungguh-sungguh dan terus menerus, menjaga dan membina manusia sebagai anggota keluarga maupun sebagai anggota masyarakat, di lingkungan rumah maupun lingkungan kerja atau lingkungan lain, sehingga menjadi manusia-manusia yang bertaqwa dan beramal saleh.

Ketika kita berupaya dengan sungguh-sungguh dan terus menerus memupuk rasa persaudaraan dengan rekan-rekan kita di tempat kerja, dapat membawa banyak manfaat, diantaranya :

  1. Merasakan Adanya Dukungan Emosional dan Mental

Persaudaraan dengan rekan sejawat dapat menjadi sumber dukungan emosional dan mental. Ketika kita memiliki orang-orang yang dapat kita percayai untuk berbicara dan mendengarkan kita, ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental kita. Adanya dukungan emosional dan mental dari rekan sejawat dapat membuat kita menikmati bekerja.

  1. Meningkatkan Kolaborasi

Ketika kita memiliki hubungan yang baik dengan rekan sejawat, kita lebih cenderung untuk bekerja sama dengan mereka dengan lebih efektif. Kolaborasi yang baik dapat menghasilkan ide-ide yang lebih inovatif dan solusi yang lebih baik untuk masalah yang kompleks.

  1. Meningkatkan produktivitas

Hubungan yang baik dengan rekan sejawat dapat meningkatkan produktivitas. Kita cenderung lebih termotivasi untuk bekerja keras ketika kita tahu bahwa kita memiliki dukungan dari orang-orang di sekitar kita.

  1. Pembelajaran yang berkelanjutan

Melalui persaudaraan dengan rekan sejawat, kita dapat belajar satu sama lain. Pengalaman dan pengetahuan yang berbeda dari orang-orang yang berbeda dapat membantu kita berkembang dan tumbuh sebagai individu dan professional.

  1. Saling Mendukung dalam Mengatasi Permasalahan

Ketika kita menghadapi krisis atau tantangan dalam hidup, rekan sejawat yang baik akan selalu ada untuk memberikan dukungan dan bantuan. Mereka dapat menjadi bahu yang dapat kita andalkan dalam situasi sulit.

Dari beberapa manfaat mempererat silaturahim dalam lingkungan kerja, kita dapat mengetahui bahwa besar sekali manfaat yang bisa kita dapat dari mempererat silaturahim. Agar dapat mempererat silaturahim, kita harus mengetahui bagaimana cara-cara melakukan hal tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempererat silaturahim, diantaranya

  1. Luangkan waktu agar lebih saling mengenal

Luangkan waktu untuk berbicara dan mengenal rekan-rekan sejawat. Cobalah untuk bertanya mengenai minat, hobi, ataupun kesukaan mereka. Bukan hanya berbicara tentang pekerjaan. Ketika kita berusaha mengenal mereka lebih dekat melalui pembicaraan yang lebih santai tapi berkualitas, membuat kita dapat mengenal rekan sejawat lebih dekat.

  1. Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan

Berbagi pengalaman dan pengetahuan kita dengan rekan sejawat, dan buka diri untuk belajar dari mereka dapat menciptakan hubungan yang berdasarkan saling menghargai, sehingga lebih mempererat kedekatan kita dengan rekat sejawat.

  1. Menawarkan dukungan dan bantuan

Menawarkan dukungan dan bantuan kepada rekan-rekan sejawat ketika mereka membutuhkannya merupakan suatu hal yang sangat berdampak besar pada kedekatan dengan rekan sejawat.  Ini dapat menciptakan ikatan yang kuat karena mereka tidak merasa segan ataupun risih ketika memerlukan bantuan kita, karena merasa kita ada untuknya pada saat mereka memerlukan kita, begitu pula sebaliknya.

  1. Berpartisipasi dalam kegiatan bersama

Mengikuti suatu kegiatan bersama diluar lingkungan kerja dapat memperkuat hubungan kedekatan secara batiniah karena membuat kita saling mengenal satu sama lain di luar lingkungan kerja dan menciptakan kenangan berharga bersama.

  1. Prinsip Kejujuran dan Keterbukaan

Komunikasi terbuka dan kejujuran merupakan prinsip yang harus dibangun bersama dengan rekan sejawat kita, karena hal ini membantu mencegah konflik dan memperkuat kepercayaan satu sama lain

Mengeratkan rasa persaudaraan dengan rekan sejawat adalah investasi berharga dalam kehidupan profesional dan sosial kita. Hubungan yang kuat dengan rekan-rekan kita dapat membawa manfaat emosional, mental, dan profesional yang signifikan. Dengan komitmen untuk membangun hubungan yang positif dan saling mendukung, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari.

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-silaturahmi/. Diakses 24 September 2023

Rini Irianti Sundary . MAKNA SILATURAHIM DALAM MEMBANGUN LINGKUNGAN KERJA YANG DEMOKRATIS DI PERGURUAN TINGGI. https://media.neliti.com/media/publications/155487-ID-makna-silaturahim-dalam-membangun-lingku.pdf. Diakses 24 September 2023

©2023. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top