logo pesantren terbaru pisan

Mengukuhkan Kehidupan Berjamaah Di Bulan Sya'ban

“Membangun Kebersamaan dalam Ibadah”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

07 Maret 2024

Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang penuh berkah dalam agama Islam. Bulan ini sering dianggap sebagai persiapan ruhani untuk menyambut bulan Ramadan yang akan datang. Salah satu aspek penting dalam persiapan ini adalah memperkuat kehidupan berjamaah di antara umat Muslim.

  1. Keutamaan Berjamaah dalam Islam

Berjamaah memiliki makna yang dalam dalam Islam. Diriwayatkan Imam Ahmad melalui jalur Abu ‘Abdirrahman disebutkan Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا جَلَسَ فِيْ مُصَلاَّهُ بَعْدَ الصَّلاَةِ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ، وَصَلاَتُهُمْ عَلَيْهِ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ. وَإِنْ جَلَسَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ وَصَلاَتُهُمْ عَلَيْهِ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.

“Sesungguhnya jika seorang hamba duduk di masjid setelah melaksanakan shalat, maka para Malaikat akan bershalawat untuknya, dan shalawat mereka kepadanya adalah dengan berkata: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.’ Jika ia duduk untuk menunggu shalat, maka para Malaikat akan bershalawat kepadanya, shalawat mereka kepadanya adalah dengan berdo’a: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.”  Dari hadits ini, kita dapat memahami bahwa Allah SWT memberikan keutamaan yang besar bagi mereka yang melaksanakan ibadah secara berjamaah.

  1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Beribadah secara berjamaah dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Ketika kita beribadah bersama-sama, kita dapat saling menguatkan dan memotivasi satu sama lain. Hal ini juga dapat membantu kita untuk lebih khusyuk dalam melaksanakan ibadah.

  1. Membangun Kebersamaan

Beribadah secara berjamaah juga dapat membantu kita untuk membangun kebersamaan dalam umat Islam. Dengan beribadah bersama-sama, kita dapat merasakan kebersamaan dan persatuan dalam menjalankan ajaran Islam.

  1. Dalil dari Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman,

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.” (Q.S. Ali Imran: 103).

  1. Kesimpulan

Dengan memperkuat kehidupan berjamaah di bulan Sya’ban, kita dapat membangun kebersamaan dalam umat Islam dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah secara berjamaah dengan ikhlas dan mendapatkan keberkahan dari-Nya. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top