logo pesantren terbaru pisan

Menggapai Impian Orang Tua: Menjadi Ahlul-Quran

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

11 Januari 2024

Hidup sebagai anak muda di era sekarang memang serba cepat dan penuh tantangan. Sinyal ponsel yang terus berdering, tumpukan tugas yang menanti, dan godaan dunia yang semakin menggoda. Tengah di antara keramaian ini, terdapat harapan besar yang terpatri di hati orang tua: agar kita, anak-anaknya, tumbuh menjadi Ahlul-Quran, para penghafal dan penyelenggara kitabullah. Nah, apa sih sebenarnya jadi Ahlul-Quran itu? Yuk, kita bahas!

Ahlul-Quran itu Siapa Sih?

Buat yang belum tahu, jadi Ahlul-Quran itu seperti jadi superhero, tapi yang senjatanya bukan pedang atau jubah berwarna-warni, melainkan Al-Quran sendiri. Jadi Ahlul-Quran berarti kita nggak cuma hapal hurufnya doang, tapi juga ngerti maknanya, lho.

Nggak Hanya Jadi “Ahli Tafsir”

Jadi Ahlul-Quran bukan cuma soal menghafal teks-teks suci. Lebih dari itu, kita diajak untuk memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadinya, nggak cuma jadi “ahli tafsir” di kelas ngaji doang, tapi di dunia nyata juga!

Saatnya Ngabuburit… Dengan Al-Quran

Kamu pasti sering denger kata “ngabuburit,” kan? Nah, bagaimana kalau ngabuburit kali ini diisi dengan membaca Al-Quran? Nggak cuma bikin hati adem, tapi juga bisa nambah pahala di Surga, loh.

Cari Teman yang Sama Visi

Dalam mencapai impian jadi Ahlul-Quran, nggak ada salahnya cari teman yang sama visinya. Bisa bareng-bareng ngaji, saling mengingatkan, atau bahkan bikin komunitas kecil. Dengan begitu, perjalanan jadi Ahlul-Quran jadi lebih seru dan terasa lebih ringan.

Jadi Ahlul-Quran, Juga Jadi Pemimpin

Nggak cuma jadi penghafal handal, tapi jadi Ahlul-Quran juga berarti siap jadi pemimpin yang baik. Kita diajarkan untuk menjadi panutan bagi orang lain, menunjukkan nilai-nilai Al-Quran dalam tindakan sehari-hari.

Kamu Pasti Bisa!

Meski tantangan di sekitar terasa berat, percayalah, kamu pasti bisa menjadi Ahlul-Quran yang diharapkan oleh orang tua. Kuncinya ada di niat dan usaha. Yuk, kita buktikan bersama bahwa menjadi Ahlul-Quran nggak seseram yang dibayangkan. Cukup dengan langkah kecil, dan tentu saja, dilakukan dengan penuh cinta dan keikhlasan.

Jadi, siap-siap menyusuri perjalanan seru jadi Ahlul-Quran yang penuh makna!

©2023. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top