logo pesantren terbaru pisan

Menggali Hikmah Di Balik Bulan Sya'ban

“Persiapan Menuju Ramadhan”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

22 Februari 2024

Bulan Sya’ban, bulan yang sering kali terabaikan di antara bulan-bulan Islam yang lain, namun memiliki hikmah dan keutamaan yang luar biasa. Dalam persiapan menuju bulan suci Ramadhan, penting bagi kita untuk memahami makna dan keistimewaan dari bulan Sya’ban.

  1. Pertumbuhan Ruhiyah

Bulan Sya’ban menjadi momen yang tepat untuk memperdalam hubungan Ruhiyah dengan Allah SWT. Rasulullah SAW sering melakukan Shaum sunnah di bulan Sya’ban sebagai persiapan menuju Ramadhan. Di antara keistimewaan bulan ini adalah Allah SWT mencatat amalan-amalan kita dan menetapkan takdir untuk tahun yang akan datang. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Di tengah bulan Sya’ban, Allah SWT turun ke langit dunia lalu mengampuni semua hamba-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibn Majah)

  1. Memperbanyak Ibadah

Bulan Sya’ban adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah kita, terutama Shaum sunnah dan shalat malam. Dengan memperbanyak ibadah di bulan ini, kita dapat membersihkan diri dari dosa-dosa dan memperkuat ikatan Ruhiyah dengan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Di bulan Sya’ban Allah SWT mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. An-Nasa’i)

  1. Menunaikan Sedekah dan Zakat

Bulan Sya’ban juga menjadi waktu yang tepat untuk menunaikan sedekah dan zakat. Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk bersedekah di bulan ini, karena sedekah dapat membersihkan harta dan memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Allah melihat kepada hamba-hamba-Nya pada malam Nisfu Sya’ban dan Dia memberi ampunan kepada semua orang kecuali dua orang, yaitu orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. At-Tirmidzi)

Dengan memahami hikmah di balik bulan Sya’ban, kita dapat memanfaatkannya sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas Ruhiyah kita dan mempersiapkan diri secara optimal menyambut bulan Ramadhan. Marilah kita memperbanyak amalan-amalan baik dan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga kita dapat meraih keberkahan dan ampunan-Nya dalam bulan yang penuh kemuliaan tersebut. Semoga Allah memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top