logo pesantren terbaru pisan

Mengelola Keuangan Di Bulan Ramadhan

“Kunci Kesuksesan dalam Beribadah dan Beramal”

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

18 Maret 2024

Ramadhan, bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu umat Islam, memberikan pelajaran berharga tentang pengelolaan keuangan yang bijaksana. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا . اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْٓا اِخْوَانَ الشَّيٰطِيْنِ ۗوَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا

Artinya: “Berikanlah kepada kerabat dekat haknya, (juga kepada) orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya para pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. Al-Isra: 26-27)

Dalam hadits, Rasulullah SAW juga mengajarkan pentingnya berinfak dan bersedekah di bulan Ramadhan. Dalam sebuah kisah seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Perbuatan apa yang terbaik dalam Islam?” Nabi SAW menjawab, “Kamu memberi makan kepada orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kemudian, dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan.” (HR.Thabrani).

Dari beberapa dalil di atas, kita dapat memahami bahwa mengelola keuangan dengan bijaksana dan bersedekah adalah bagian dari ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Untuk mengatur pengeluaran dan bersedekah dengan tepat di bulan suci ini, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Membuat Rencana Pengeluaran: Menyusun rencana pengeluaran bulanan yang mencakup kebutuhan pokok, ibadah, dan sedekah, serta mengikuti rencana tersebut dengan disiplin.
  2. Menabung Sejak Awal Ramadhan: Menyisihkan sebagian penghasilan untuk disimpan atau ditabung sejak awal Ramadhan, sehingga dapat digunakan untuk keperluan mendesak atau sedekah pada akhir bulan.
  3. Berhemat dalam Pengeluaran: Menghindari pengeluaran yang tidak perlu atau boros, serta memilih produk dan layanan yang lebih ekonomis.
  4. Bersedekah dengan Ikhlas: Melakukan sedekah dengan ikhlas dan tanpa pamrih, serta memprioritaskan orang-orang yang lebih membutuhkan.

Dengan mengelola keuangan dengan bijaksana dan bersedekah di bulan Ramadhan, kita dapat meraih keberkahan dan berkah yang melimpah dari Allah SWT. Semoga kita semua dapat mengatur keuangan dengan baik dan bersedekah dengan ikhlas di bulan suci ini. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top