logo pesantren terbaru pisan

Mengasah Kualitas Taqwa Di Bulan Sya'ban

“Meningkatkan Kesadaran akan Allah”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

07 Maret 2024

Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang penuh berkah dalam agama Islam. Bulan ini sering dianggap sebagai persiapan spiritual untuk menyambut bulan Ramadan yang akan datang. Salah satu aspek penting dalam persiapan ini adalah mengasah kualitas taqwa, yaitu kesadaran akan Allah SWT, dalam diri kita.

  1. Pentingnya Taqwa dalam Islam

Taqwa merupakan konsep sentral dalam ajaran Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal.” (Q.S. Al-Hujurat: 13).

  1. Mengasah Taqwa melalui Amalan-Amalan Saleh

Salah satu cara untuk mengasah kualitas taqwa adalah dengan melakukan amalan-amalan saleh. Rasulullah SAW bersabda, “Takwa adalah di sini,” sambil menunjuk dada beliau tiga kali. “Itulah takwa, itulah takwa, itulah takwa.” (HR. Muslim). Dengan melakukan amalan-amalan saleh seperti shalat, sedekah, dan dzikir, kita dapat memperkuat kesadaran kita akan Allah SWT.

  1. Dalil dari Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT juga berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Q.S. Ali Imran: 102). Ayat ini menegaskan pentingnya taqwa dalam kehidupan seorang Muslim.

  1. Meningkatkan Kesadaran akan Allah

Bulan Sya’ban dapat menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan kesadaran kita akan Allah SWT. Dengan merenungkan kebesaran-Nya, kita akan semakin memperkuat taqwa dalam diri kita dan memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT.

  1. Kesimpulan

Dengan mengasah kualitas taqwa di bulan Sya’ban, kita dapat memperkuat kesadaran kita akan Allah SWT dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Semoga kita semua dapat memanfaatkan bulan Sya’ban dengan sebaik-baiknya untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top