logo pesantren terbaru pisan

Menanamkan Kedisiplinan Keluarga Dengan Ibadah Ramadhan

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

23 Maret 2024

Bulan Ramadhan bukan hanya waktu untuk berpuasa dan meningkatkan ibadah, tetapi juga merupakan kesempatan emas untuk menanamkan kedisiplinan dalam keluarga. Dalam Islam, kedisiplinan sangat ditekankan sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam menjalani kehidupan. Berikut ini adalah beberapa cara menanamkan kedisiplinan keluarga dengan ibadah Ramadhan:

  1. Shalat Berjamaah

Menanamkan kebiasaan shalat berjamaah di masjid atau di rumah bersama keluarga dapat menjadi langkah awal dalam menumbuhkan kedisiplinan. Shalat berjamaah tidak hanya memperkuat hubungan dengan Allah, tetapi juga mempererat hubungan antar anggota keluarga.

  1. Menjaga Waktu Berbuka dan Sahur

Mengatur waktu berbuka dan sahur dengan disiplin dapat membantu mengatur pola makan selama bulan Ramadhan. Hal ini juga dapat mengajarkan anggota keluarga untuk menghargai waktu dan memahami pentingnya kedisiplinan dalam menjalani ibadah.

  1. Membiasakan Diri dengan Tilawah Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an secara rutin dan menyeluruh dapat membantu menanamkan kedisiplinan dalam diri. Selain itu, mengajak keluarga untuk membaca dan memahami Al-Qur’an bersama-sama juga dapat mempererat hubungan keluarga.

  1. Berbagi dengan Sesama

Mengajarkan kepada anggota keluarga untuk berbagi dengan sesama, baik dengan memberi sedekah, berbagi makanan berbuka, atau melakukan kebaikan lainnya, dapat membantu menumbuhkan rasa disiplin dan kepedulian terhadap orang lain.

  1. Menjaga Lisan dari Kata-Kata yang Buruk

Menjaga lisan dari kata-kata yang buruk dan menyebarkan fitnah adalah bagian dari kedisiplinan dalam berbicara. Mengajarkan hal ini kepada keluarga dapat membentuk karakter yang baik dan menghindarkan dari perbuatan yang tidak terpuji.

Dengan menanamkan kedisiplinan keluarga dengan ibadah Ramadhan, bukan hanya kehidupan di bulan suci ini yang akan lebih teratur, tetapi juga kebiasaan baik yang dapat diterapkan sepanjang tahun.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top