logo pesantren terbaru pisan

Mempererat Ukhuwah Islamiyah Melalui Ibadah Ramadhan

“Menyatukan Hati dalam Ketaatan”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

25 Maret 2024

Ramadhan, bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu umat Islam, bukan hanya merupakan waktu untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, tetapi juga merupakan kesempatan emas untuk mempererat ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan sesama Muslim. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Artinya: “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali Allah dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah itu, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imran: 103)

Dalam hadits, Rasulullah SAW juga mengajarkan pentingnya mempererat ukhuwah Islamiyah. Beliau bersabda:

“Sesungguhnya kaum mukminin dalam hal kasih sayang, belas kasihan, dan saling tolong-menolong di antara mereka, seperti satu jasad. Apabila salah satu anggota tubuh merasa sakit, maka seluruh jasad lainnya akan merasa tidak nyaman karena demam dan tidak bisa tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari dua dalil di atas, kita dapat memahami bahwa mempererat ukhuwah Islamiyah merupakan bagian penting dari ajaran Islam. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk melakukan itu, karena di bulan ini, kesadaran kita terhadap ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT meningkat, sehingga kita lebih terbuka untuk merasakan kebersamaan dan saling tolong-menolong dengan sesama Muslim.

Untuk mempererat ukhuwah Islamiyah melalui ibadah Ramadhan, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Berbagi Makanan Sahur dan Berbuka: Mengundang saudara-saudara Muslim untuk berbuka puasa bersama atau berbagi makanan sahur merupakan cara yang baik untuk mempererat hubungan antar sesama.
  2. Berkumpul di Masjid untuk Shalat Tarawih: Menghadiri shalat tarawih di masjid merupakan kesempatan baik untuk bertemu dengan sesama Muslim, berinteraksi, dan mempererat ukhuwah Islamiyah.
  3. Berbuat Kebaikan Bersama: Melakukan amal kebajikan bersama, seperti membantu sesama yang membutuhkan atau mengikuti kegiatan sosial bersama, akan mempererat ikatan antar sesama Muslim.
  4. Meningkatkan Silaturahmi: Meningkatkan silaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman Muslim juga merupakan cara yang efektif untuk mempererat ukhuwah Islamiyah.

Dengan mempererat ukhuwah Islamiyah melalui ibadah Ramadhan, kita dapat merasakan kebersamaan dan kekuatan yang timbul dari persatuan umat Islam. Semoga kita semua dapat memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya untuk mempererat hubungan kita dengan sesama Muslim dan meraih berkah serta rahmat dari Allah SWT. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top