logo pesantren terbaru pisan

Memperbanyak Istighfar Di Bulan Sya'ban

“Menyucikan Diri dari Dosa-dosa”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

07 Maret 2024

Bulan Sya’ban merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan ini adalah memperbanyak istighfar atau memohon ampun kepada Allah SWT. Istighfar merupakan bentuk pengakuan dosa dan kesalahan yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Allah SWT, serta permohonan agar dosa tersebut diampuni.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, Surah An-Nur ayat 31,

…وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya: “…..Bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”

Ayat ini menunjukkan pentingnya bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT sebagai bentuk kesadaran kita akan dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Rasulullah SAW juga sangat menekankan pentingnya istighfar dalam hadits-haditsnya. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang banyak beristighfar, niscaya Allah akan menghilangkan kesulitan, memberi kelapangan dari setiap kesusahan, dan memberikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud). Hadits ini menunjukkan bahwa dengan memperbanyak istighfar, kita akan mendapatkan berbagai keberkahan dan kemudahan dari Allah SWT.

Dengan memperbanyak istighfar di bulan Sya’ban, kita dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah kita lakukan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, istighfar juga merupakan bentuk syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesempatan untuk memperbanyak istighfar di bulan Sya’ban ini. Aamiin.

Memperbanyak istighfar juga dapat membantu meningkatkan kesadaran kita akan keberadaan Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Dengan selalu merasa dekat dengan Allah SWT melalui istighfar, kita akan lebih waspada terhadap perbuatan-perbuatan yang dapat mendekatkan kita kepada dosa.

Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk selalu memperbanyak istighfar dalam setiap kesempatan. Beliau bersabda, “Aku beristighfar kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya istighfar dalam kehidupan seorang Muslim.

Selain itu, memperbanyak istighfar juga dapat membantu kita untuk menghadapi ujian dan cobaan dalam hidup. Dengan merasa dekat dengan Allah SWT melalui istighfar, kita akan merasa lebih tenang dan yakin bahwa Allah SWT akan memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan yang kita hadapi.

Dalam menjalankan ibadah istighfar, kita juga perlu memahami makna dari istighfar itu sendiri. Istighfar bukan hanya sekedar mengucapkan kata-kata memohon ampun, tetapi juga harus disertai dengan kesadaran dan keinginan yang tulus untuk bertaubat dan memperbaiki diri.

Dengan demikian, memperbanyak istighfar di bulan Sya’ban adalah langkah awal yang baik untuk menyucikan diri dari dosa-dosa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah istighfar dengan ikhlas dan mendapatkan keberkahan serta ampunan dari-Nya. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top