logo pesantren terbaru pisan

Membangun Rasa Percaya Diri

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

16 Desember 2023

Saat kita melangkah ke dalam lautan dunia yang serba digital ini, di mana standar kecantikan ditetapkan oleh filter-filter sempurna dan konsep kecantikan yang seringkali terlalu sempit, kita sebagai Muslimah perlu menemukan kepercayaan diri dalam keunikan kita sendiri. Islam mengajarkan bahwa kecantikan sejati tidak hanya terletak pada penampilan fisik, tetapi juga dalam cara kita menjalani hidup.

Dalam perjalanan hidup yang penuh warna, sebagai Muslimah, kita seringkali dihadapkan pada tekanan standar kecantikan dan ekspektasi yang dapat membuat kita terjebak dalam labirin ketidakpastian diri. Dunia maya dan riuh-rendahnya pandangan masyarakat terkadang membuat kita bertanya-tanya, “Sejauh mana kita harus pergi untuk memenuhi standar kecantikan?” Namun, mari kita tengok ke dalam kaca mata Islam yang menyajikan pandangan yang jauh lebih menyejukkan. Dalam keseharian yang penuh perbandingan dan evaluasi, bagaimana kita, sebagai Muslimah, dapat membangun kepercayaan diri yang kokoh? Mari berkelana bersama dan menyingkap rahasia kecantikan sejati yang Islam tawarkan, di luar sekadar penampilan fisik yang seringkali menjadi pusat perhatian.

Menyadari Keunikan Diri

Ketika dunia mendikte standar kecantikan yang terkadang membingungkan, Muslimah perlu menyadari bahwa setiap individu diciptakan unik oleh Allah. Terlalu fokus pada standar luaran seringkali membuat kita lupa akan nilai sejati kecantikan yang terpancar dari hati yang bersih dan perilaku yang baik.

Merangkul Keunikan sebagai Anugerah

Kepercayaan diri berasal dari kemampuan kita untuk merangkul keunikan yang telah Allah anugerahkan pada setiap diri kita. Jangan biarkan sorot mata masyarakat menentukan seberapa cantik kita. Sebaliknya, lihatlah dirimu dengan mata kasih sayang, karena Allah menciptakanmu dengan penuh keindahan.

Kecantikan dari Dalam

Islam mengajarkan bahwa kecantikan sejati terpancar dari akhlak dan kebaikan hati. Menjaga perilaku yang baik, berbuat baik kepada sesama, dan berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat adalah langkah-langkah penting untuk membangun kepercayaan diri yang sejati.

Memahami Makna Hidayah

Kepercayaan diri yang kokoh adalah hasil dari pemahaman bahwa hidayah Allah yang membimbing kita ke arah yang benar. Jika kita tahu bahwa kita hidup sesuai dengan nilai-nilai Islam, itu merupakan dasar kuat untuk membangun rasa percaya diri.

Menolak Standar yang Merugikan

Islam mengajarkan kita untuk menolak segala standar yang merugikan, terutama yang merugikan diri sendiri. Jangan biarkan dirimu terjebak dalam tekanan untuk memenuhi standar yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Mencintai Diri dengan Seimbang

Cintailah dirimu dengan seimbang. Islam mengajarkan kita untuk merawat diri, tetapi bukan berarti kita harus terlalu obsesif terhadap penampilan. Memperhatikan kesehatan dan kebersihan adalah bentuk cinta diri yang sesuai dengan ajaran agama.

Menemukan Keberanian dalam Kekurangan

Setiap orang memiliki kekurangan, dan itulah yang membuat kita manusia. Temukan keberanian dalam menerima dan mengatasi kekurangan kita. Bagaimanapun, Allah yang Maha Penyayang telah menciptakan kita dengan penuh hikmah.

Bersyukur atas Setiap Pencapaian

Islam mendorong kita untuk bersyukur atas setiap nikmat yang Allah berikan, termasuk pencapaian dan kemajuan dalam hidup. Bersyukur adalah cara yang baik untuk memperkuat kepercayaan diri.

Berdoa dan Tawakkal

Terakhir, dalam setiap langkah hidup, berdoa dan tawakkal kepada Allah adalah kunci. Percayalah bahwa Allah Maha Menyayangimu, dan hanya pada-Nya kita berserah diri sepenuhnya.

Membangun kepercayaan diri bagi seorang Muslimah adalah perjalanan yang berkelanjutan. Dengan merangkul keunikan diri, memahami nilai-nilai Islam, dan bersandar pada rahmat Allah, kita dapat mencapai kepercayaan diri yang sejati dan kokoh. Ingatlah, kecantikan terindah adalah yang bersumber dari hati yang tulus dan perilaku yang baik.

Dalam mengejar kepercayaan diri yang sejati, perjalanan ini bukanlah kilas balik semata. Ia adalah serangkaian langkah kecil yang kita ambil setiap hari, menuju pemahaman yang lebih dalam tentang keunikan kita sebagai Muslimah. Saat kita menutup lembaran diskusi ini, mari kita bawa pulang semangat untuk terus mencintai diri, merawat hati, dan menjadikan Islam sebagai pilar utama dalam membangun karakter kita. Ingatlah, kecantikan sejati tidak hanya terlihat, tetapi dirasakan dari kehangatan hati, ketulusan dalam berbuat baik, dan pemahaman bahwa kita diciptakan oleh Sang Pencipta dengan penuh kebijaksanaan. Mari kita terus bersama-sama meraih kepercayaan diri yang tulus dan kokoh, sehingga setiap langkah kita membawa berkah dan cahaya ke dalam kehidupan sehari-hari.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2023. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top