logo pesantren terbaru pisan

Membangun Kedekatan Dengan Al-Qur'an Di Bulan Sya'ban

“Meraih Berkah dari Kitab Suci”

Oleh : Ust. Achmad Fahrisi, S.Pd.

01 Maret 2024

Bulan Sya’ban merupakan saat yang istimewa bagi umat Islam, di mana kita diberikan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagai amalan yang dianjurkan. Salah satu amalan yang sangat ditekankan dalam bulan ini adalah memperbanyak interaksi dengan Al-Qur’an, kitab suci yang merupakan pedoman hidup bagi umat manusia. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membangun kedekatan dengan Al-Qur’an di bulan Sya’ban:

  1. Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Membaca Al-Qur’an setiap hari adalah amalan yang sangat dianjurkan, terutama di bulan Sya’ban. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan yang dihitung sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa ‘Alif Lam Mim’ adalah satu huruf, tetapi ‘Alif’ adalah satu huruf, ‘Lam’ adalah satu huruf, dan ‘Mim’ adalah satu huruf.” (HR. Tirmidzi). Membaca Al-Qur’an secara rutin membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memahami ajaran-Nya dengan lebih baik.

  1. Mengkaji dan Memahami Makna Al-Qur’an

Selain sekadar membaca, penting bagi kita untuk juga mengkaji dan memahami makna Al-Qur’an. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Dengan memahami makna Al-Qur’an, kita dapat mengambil pelajaran dan petunjuk untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

  1. Mengamalkan Ajaran Al-Qur’an

Tidak hanya sekadar dibaca dan dipahami, Al-Qur’an juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Allah SWT berfirman, “Dan sesungguhnya Al-Qur’an itu benar-benar menjadi pelajaran yang bermanfaat.” (QS. Al-Qamar: 17). Dengan mengamalkan ajaran Al-Qur’an, kita dapat meraih berkah dan keberkatan dalam hidup.

  1. Berdoa dengan Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an sambil berdoa merupakan cara yang baik untuk membangun kedekatan dengan kitab suci tersebut. Rasulullah SAW bersabda, “Doa yang paling didengar adalah doa yang dibaca pada waktu sepertiga malam terakhir dan doa orang tua yang baik untuk anaknya.” (HR. Tirmidzi). Dengan berdoa sambil membaca Al-Qur’an, kita dapat memperoleh berkah dan keberkatan dari Allah SWT.

  1. Menghadiri Kajian dan Tadabbur Al-Qur’an

Menghadiri kajian dan tadabbur Al-Qur’an juga merupakan cara yang baik untuk mendekatkan diri kepada Al-Qur’an. Dengan berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang Al-Qur’an bersama sesama muslim, kita dapat saling memotivasi dan menginspirasi dalam memahami serta mengamalkan ajaran-ajaran-Nya.

Dengan memperbanyak interaksi dengan Al-Qur’an di bulan Sya’ban, kita dapat meraih berkah dan keberkahan dalam kehidupan kita serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mari manfaatkan bulan yang penuh berkah ini untuk memperdalam pemahaman dan pengamalan kita terhadap Al-Qur’an. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan petunjuk oleh Allah SWT dalam menggapai ridha-Nya. Aamiin.

والله أعلمُ بالـصـواب

©2024. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top