logo pesantren terbaru pisan

Kekuatan Wanita Muslimah

Inspirasi Peran Perempuan dalam Islam

Oleh : Ustzh. Nurseni Yulianti

30 November 2023

Wanita Muslimah memiliki peran istimewa dalam Islam, sebuah peran yang mencerminkan kekuatan, kebijaksanaan, dan kelembutan. Sebagai manusia yang mendalam dalam pemahaman Al-Qur’an dan hadits, kita dapat menggali inspirasi dari ajaran Islam tentang perempuan. Artikel ini akan membahas dengan kajian mendalam dan membawa dalil-dalil yang relevan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik.

Al-Qur’an memberikan pandangan tuntas tentang peran wanita. Surah An-Nisa (4:1) menyiratkan bahwa manusia diciptakan dari pasangan laki-laki dan perempuan. Dengan ini, Allah menekankan kesetaraan esensial antara keduanya. Ini adalah dasar penting untuk memahami kekuatan perempuan dalam Islam.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

“Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan dari padanya Allah menciptakan pasangannya, dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nisa: 1)

Peran dalam Rumah Tangga

Peran wanita dalam rumah tangga sangat penting. Seorang istri bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan menjaga keharmonisan rumah tangga. Beberapa peran penting seorang istri dalam rumah tangga antara lain.

  • Menaati suami: Suami adalah pemimpin keluarga dan yang dipimpin yakni istri wajib menaati suami dalam koridor yang memang sesuai dengan syariat.
  • Menyayangi dan mendidik anak: Selain itu seorang istri bertugas untuk memberikan kasih sayang kepada anak-anak mereka secara bijaksana.
  • Sabar atas ujian keluarga: Dalam kehidupan rumah tangga, ujian dan cobaan pasti akan datang. Seorang istri harus sabar dan tabah menghadapinya.
  • Memahami kekurangan dan kelebihan suami: Seorang istri harus memahami kekurangan dan kelebihan suaminya, sehingga dapat membantu suami dalam mengatasi kekurangan dan memperkuat kelebihannya.
  • Menyenangkan jika dipandang suami: Seorang istri harus selalu berusaha untuk menyenangkan suaminya.

Sebagai Madrash Pertama

Seorang ibu merupakan sekolah pertama bagi seorang anak, sehingga ia harus memiliki keterampilan dan sifat yang dapat membentuk kecerdasan. Hal ini berasal dari sifat wanita yang ingin menjadi seorang ibu. Sosok  ibu tampak di hadapan wanita yang telah memutuskan untuk menikah.  Padahal, perempuan sudah memiliki sifat keibuan, karena pada dasarnya mereka meniru sosok ibunya.

Ada banyak cara untuk memperoleh keterampilan  mengajar anak. Beberapa perempuan mampu melanjutkan pendidikan tinggi untuk memberikan anak-anak mereka pendidikan yang layak. Perempuan yang mengenyam pendidikan  yang  luas tentu mempunyai pemikiran dan cara pandang yang berbeda-beda. Tujuan utama seorang wanita terpelajar adalah mendidik anak-anaknya. Konon anak yang bijak lahir dari rahim ibu yang bijak. Hal ini menjadi indikator bahwa kecerdasan seorang wanita mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keturunannya.

Kecerdasan Emosional

Islam memberikan perhatian khusus pada kecerdasan emosional wanita. Kelembutan, kesabaran, dan kebijaksanaan wanita dalam mengelola hubungan dan konflik merupakan aspek penting dalam Islam.

Dalam hadits, Rasulullah ﷺ bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya, dan sebaik-baik kalian di antara kalian adalah yang terbaik kepada istri-istrinya.” (HR. Tirmidzi)

Wanita Muslimah memiliki kekuatan yang unik dan luar biasa, sesuai dengan ajaran Islam yang menghargai dan memberdayakan mereka. Dengan memahami peran mereka dalam Islam, wanita Muslimah dapat mengembangkan potensi mereka dan menjadi pilar masyarakat yang kuat. Semoga pemahaman ini membawa inspirasi dan memberikan dorongan positif bagi semua wanita Muslimah untuk mengambil peran mereka dengan keyakinan dan kekuatan.

©2023. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top