logo pesantren terbaru pisan

Keajaiban dalam Kehidupan Tanaman

Oleh : Ustzh. Rosi Idiasari, M.Si.

09 Oktober 2023

Bumi adalah rumah bagi banyak makhluk hidup, dan salah satu makhluk hidup yang menempati  bumi adalah tanaman. Tanaman merupakan elemen penting dalam ekosistem bumi, dan mereka memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan alam.

Tanaman adalah salah satu ciptaan Allah yang paling menakjubkan. Mereka memiliki kemampuan unik untuk mengubah energi matahari menjadi makanan dalam proses fotosintesis. Tanaman juga merupakan produsen dalam rantai makanan di bumi ini, dan semua makhluk hidup, termasuk manusia, bergantung pada tanaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Artinya tanaman sangat berperan penting untuk kelangsungan makhluk hidup lainnya.

Hebatnya lagi, tanaman juga diberikan oleh Allah kemampuan untuk memanfaatkan zat yang untuk sebagian besar makhluk hidup merupakan zat yang berbahaya karena dapat menghasilkan efek rumah kaca, yaitu Karbon dioksida. Tanaman membantu mengendalikan kadar karbon dioksida di atmosfer. Proses fotosintesis mengambil karbon dioksida dari udara dan mengikatnya dalam bentuk karbohidrat, sebagai makanan bagi tanaman itu sendiri. Bahkan selain menghasilkan manfaat bagi dirinya sendiri, tanaman juga memberikan manfaat bagi makhluk hidup lainnya, yaitu dengan menghasilkan oksigen. Artinya tanaman dapat  membersihkan udara dengan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen selama proses fotosintesis. Ini adalah kontribusi penting tanaman dalam menjaga kualitas udara yang kita hirup.

Keajaiban lainnya yang Allah berikan pada tanaman, adalah peran sertanya dalam pembentukan tanah. Melalui peran dari akar tanaman, tanah dapat menjadi lebih berkualitas karena dapat menambahkan bahan organic kedalam tanah melalui simbiosis dengan bekteri pengikat nitrogen, mencegah terjadinya erosi karena dapat menstabilkan tanah dan dapat
menggemburkan tanah.

Kebutuhan akan hadirnya tanaman, dirasakan juga oleh banyak makhluk hidup ciptaan Allah lainnya. Banyak tanaman yang dijadikan sebagai rumah bagi berbagai jenis hewan dan mikroorganisme. Jadi, Jika tanaman hilang baik karena proses alamiah ataupum disengaja maka akan memutus mata rantai kehidupan, beberapa jenis hewan akan berkurang dan hampir punah karena habitatnya telah rusak.

Allah memberikan amanah kepada tanaman sebagai pemelihara siklus air. Melalui proses transpirasi, tanaman mengeluarkan uap air ke atmosfer yang menjadi faktor pendukung terbentuknya awan sehingga dapat terjadi siklus air, yang berperan penting menjaga ketersediaan air di bumi.

Kelebihan lainnya yang Allah berikan pada tanaman adalah kemampuannya untuk menjadi obat untuk menyembuhkan suatu penyakit.  Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat sangat bervariasi, mulai dari kara, batang, daun, umbi, buah, bunga ataupun biji. Kelebihan ini lah yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin berdasarkan ilmu pengetahuan.

Betapa banyaknya keajaiban yang telah Allah berikan dalam kehidupan suatu tanaman. Maka, sebagai makhluk ciptaan Allah, kita memiliki kewajiban moral untuk merawat dan menjaga tanaman serta ekosistem tempat mereka berada. Janganlah menjadi manusia yang merusak tanaman. Sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al-Baqarah ayat 205 ,“Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukaikebinasaan”.

Tanaman adalah bukti indah kebijaksanaan Allah dalam merancang alam semesta. Mereka adalah kunci dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan kehidupan di Bumi. Dengan menjalankan tugas kita sebagai khalifah bumi, kita dapat mempertahankan keindahan dan keseimbangan yang Allah ciptakan. Semoga kita dapat menjaga keindahan dan keseimbangan yang Allah anugerahkan kepada kita melalui tanaman ini.

Ernyasih, SKM., M.K.M, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UMJ.11 Januari 2023. https://umj.ac.id/opini-1/kontribusi-pohon-untuk-kelangsungan-hidup-manusia/. Diakses 20 September 2023

https://mediaindonesia.com/weekend/491818/ini-tanaman-yang-cocok-untuk-menyuburkan-tanah-di-kebun-anda. Diakses 20 September 2023

©2023. Baiturrahman. All Rights Reserved.

Scroll to Top