ADMINISTRASI WALI SANTRI

Gambaran wali santri yang ideal seperti diatas, maka dalam pelaksanaan pekerjaannya dia akan selalu melakukan upaya pencatatan dan evaluasi, catat mencata harus menjadi sebuah kebiasaan yang dimiliki oleh wali santri, tidak boleh enggan atau bosan dalam menulis, sebagai pelaksanaan dari management Allah yang telah diwahyukan di dalam qs 2:282 sebagai berikut: Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis……..(qs 2:282) Pencatatan ini sangat penting untuk evaluasi, meninggalkannya adalah sebuah kelalaian yang akan menyusahkan dan merugikan baik wali santri itu sendiri, lembaganya dan juga orang tuanya, adapun catatan yang harus ada sebagai berikut :

1.Administrasi Santri ( Ngobras=ngobrol bareng santri)
Seorang wali santri dituntut untuk dapat merekam seluruh akitivitas pertumbuhan dan perkembangan santrinya dan melakukan evaluasi diri yang dibimbing (konsultasi) oleh wali santrinya. Evaluasi ini berfungsi untuk mengetahui, bagaimana setiap pribadi wali santri memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengadministrasikan semua catatan santri baik yang bersifat kognitif, efektif, psykomotorik ataupuan muhasabah ruhani dan funish dan rewardnya, pendek kata semua yang terjadi dengan santri yang diembannya, harus dapat terekam dalam bentuk tulisan. Tekhnisnya tentunya wali santri harus membuat jadwal tersendiri dengan metode tersendiri ( silahkan diplih oleh wali santri mana yang terbaik dan termudah), sependek yang bisa penulis anjurkan adalah sebagai berikut :

  1. Wali santri memilih maksimal 3 orang santri dalam satu hari
  2. Kemudian ajak mereka “ngobras” ( ngobrol bareng santri)
  3. Tanyakan pada mereka hal-hal yang sedang dihadapinya, kemudian beri nasehat atau solusi atau   penanganan lain yang dianggap perlu
  4. Kemudian hasil wawancara ditulis, lalu disimpan dalam program yang sudah disediakan
  5. Lakukan hari berikutnya dengan langkah diatas, sampai selesai dalam satu minggu, kemudian minggu berikutnya melakukan yangsama, jadi dalam setiap minggu santri terkontrol permasalahannya.

Contoh format penggalian permasalahan santri

2. Membuat Daily Report Santri
Daily report ini adalah sebuah control yang dilakukan wali santri berkaitan dengan Kegiatan santrinya, bentuknya bisa seperti berikut :

3. Evaluasi Pertumbuhan dan Perkembangan Santri
Evaluasi santri hendaknya dilakukan dalam interval waktu yang tetap, karena itu diperlukan sebuah cara yang baik dari wali santri berkaitan dengan bagaimana cara mengadministrasikan atau merekam evalusi diri santri atau jejak amal santri, kemudian melakukan bimbingan serta bagaimana mengevaluasinya, sehingga setiap santri bisa diketahui pertumbuhan dan perkembangannya, sehingga permasalahan santri bisa diantisipasi dengan baik,